Sungkem

Keroncong Serayu digagas sebagai panggung apresiasi keroncong untuk semua generasi tak terkecuali anak muda. Digelar dengan selalu menampilkan grup-grup keroncong yang pemainnya mayoritas anak muda, selain materi lagu baik karya sendiri maupun versi cover dari karya musisi yang sudah cukup dikenal.

Kebanyakan generasi muda menganggap keroncong adalah musik untuk generasi tua, salah satunya mungkin karena muatan lagu-lagu keroncong kurang dikenal oleh mereka. Dengan model pementasan lebih mendekatkan materi bagi generasi muda diharapkan banyak anak muda yang tertarik bermain keroncong atau sekedar menikmatinya.
Di panggung ini ber-musik keroncong boleh dengan cara apapun, sejauh ciri khas keroncong tidak terlalu jauh ditinggalkan.

Keroncong Serayu digagas pada 2015 oleh Novi Ali Nurmansyah, impian yang cukup lama terpendam dan dikenalkan perdana dengan turut berpartisipasi pada acara Gumelem Ethnic Carnival (Banjarnegara) pada tahun 2015. Sejak tahun 2016 Keroncong Serayu berhasil digelar sebagai event mandiri dan merupakan panggung keroncong partisipatif pertama di Banjarnegara.
Mudah-mudahan panggung kami bisa menjadi bagian dari khasanah seni musik di nusantara.

Salam budaya!